Mari Mengenal Alat Musik Tradisional Bali


Di Bali sangat kental akan adat dan budayanya. Dan salah satu budaya yang senangtiasa dilestarikan hingga saat ini adalah alat musik tradisional Bali. Alat musik tradisional Bali ini biasa digunakan saat mengiringi pentas-pentas kebudayaan Bali seperti pentas seni tari, wayang, drama, seni suara dan lain sebagainya. Alat musik ini pula biasa mengiringi acara ritual keagamaan di Bali. Alat musik tradisional Bali memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, bahkan alat musik tradisional ini sudah merambah dan diperkenalkan diluar negeri. Itulah sebabnya banyak wisatawan mancanegara tertarik untuk mempelajari alat musik tradisonal Indonesia dan salah satunya adalah alat musik Bali.

Maka pada kesempatan kali ini WisataHotelBali.com akan membagikan informasi mengenai alat musik tradisional Bali. Adapun alat musik tradisional Bali adalah sebagai berikut:

Gamelan

Gamelan
Gamelan
Alat musik yang terdiri dari gong, kendang, kempul, dan gambang. Alat musik gamelang terbuat dari bahan logam. Suara yang dihasilkan terdengar begitu nyaring dan gema. Alat musik ini senangtiasa mengiringi para penari dan juga digunakan dalam acara keagamaan.

Ceng-Ceng

Ceng-Ceng
Ceng-Ceng
Alat musik satu ini memiliki tampilan berbentuk 2 buah keping simbal dan dimainkan dengan cara memadukan kedua simbal tersebut. Bahan yang digunakan terbuat dari logam. Digunakan sebagai pelengkap pengiring dengan alat musik lainnya seperti gamelan dan rindik.

Rindik

Rindik
Rindik
Alat musik yang terbuat dari bahan bambu utuh dengan ukuran yang berbeda-beda. Cara memainkan alat musik ini diletakkan berjajar dengan cara dipukul. Hasil suara yang dihasilkan begitu merdu, dan biasa mengiringi tari hiburan yang bernama joged bungbung.

Genggong

Genggong
Genggong
Alat musik satu ini terbuat dari pelepah daun aren yang diikat dengan Tali. Suara alat musik ini terbilang cukup unik dan menarik seperti suara katak yang bersahutan. Suara tinggi disebut geng, dan suara rendah disebut gong. Apabila dimainkan dengan banyak orang maka akan menghasilkan suara yang asyik didengar.

Pereret

Pereret
Pereret
Alat musik yang mirip dengan terompet, yang terbuat dari bahan kayu. Alat musik ini dibuat didaerah Jembrana Bali dan biasa digunakan mengiringi kesenian Sewo Gati. Cara menggunakan alat musik ini dengan meniupnya sehingga menghasilkan suara yang merdu dan enak untuk didengar.

Nah, itulah tadi review sekilas mengenai alat musik tradisional Bali. Dari 5 alat musik yang telah dijelaskan diatas merupakan alat musik tradisional Bali yang biasa kita dapatkan atau lihat di Bali.




Booking.com


Mari Mengenal Alat Musik Tradisional Bali Diposkan Oleh: khanza zahira