Bukit Jambul dan Sejarahnya


Nama Bukit Jambul mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Suatu tempat wisata di Bali yang memperlihatkan pemandangan indah, letaknya berada pada ketinggian 500 meter diatas permukaan laut sehingga udara yang dirasakan begitu sejuk dan nyaman. Pemandangan yang bisa kalian lihat disana berupa pemandangan alam, perpaduan panorama perbukitan, sawah-sawah, lembah-lembah dan panorama laut. Wisatawan yang datang dapat bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah ini dari tempat ketinggian di Bukit Jambul.

Bukit Jambul
Bukit Jambul
Terlihat dari kejauhan pemandangan petak-petak sawah yang bertingkat-tingkat, kemudian pohon-pohon cengkeh yang tumbuh subur disekitar area perbukitan ini. Disebelah selatan dari kejauhan kalian bisa melihat pemandangan laut lepas kabupaten Klungkung dan beberapa perbukitan-perbukitan tinggi. Pemandangan alam yang berwarna hijau, sejuk dan segar ini membuat para wisatawan begitu betah berlama-lama untuk tinggal disini.

Dikawasan objek wisata Bali ini sudah dilengkapi area parkir yang luas dan terdapat sebuah rumah makan yang bagus, yang dapat menampung kapasitas besar wisatawan yang datang berkunjung ditempat wisata ini. Bukit Jambul ini sering ditempati sebagai lokasi peristirahatan para wisatawan, yang nantinya mereka akan melanjutkan perjalanan wisatanya menuju Pura Besakih atau pada saat mereka balik dari Besakih. Ditempat ini para wisatawan beristirahat, makan dan minum sambil menikmati pemandangan alam disekitar Bukit Jambul. Selama berada di Bukit Jambul kalian bisa mengabadikan momen-momen penting dengan berfoto-foto bersama keluarga ataupun teman dengan latar pemandangan alam yang terdapat di Bukit Jambul.

Pemandangan Bukit Jambul
Pemandangan Bukit Jambul

Sejarah Bukit Jambul

Berdasarkan keterangan dari orang-orang setempat yang telah lama bermukim ditempat ini mengatakan kalau nama Bukit Jambul baru muncul dan dikenal oleh orang-orang pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pemberian nama Bukit Jambul ini datang dari seorang wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Nama ini diambil dari pegunungan yang menjulang tinggi, berada dibagian selatan jalan antara jurusan Kabupaten Klungkung dan Besakih. Di pegunungan bukit tersebut terdapat sebuah pura yang bernama Pura Puncuk Sari, disekitar pura tersebut ditumbuhi dengan pepohonan yang besar-besar dan sangat lebat. Kemudian di area atau dibawah komplek pura tersebut terdapat persawahaan penduduk. Maka dari sinilah penamaan Bukit Jambul tersebut tercipta, karena bukit puncak yang berhutan lebat terlihat seperti Jambul.

Peta Lokasi Bukit Jambul

Jika anda tertarik untuk berkunjung di Bukit Jambul, anda bisa langsung datang di Desa Tradisional Pesaban, Desan Nongan, Kecamatan Rendang, Bali. Jaraknya 8 km dari Kabupaten Klungkung, 51 km dari Denpasar, atau 15 km dari Pura Besakih. Berikut ini peta lokasi Bukit Jambul.





Booking.com


Bukit Jambul dan Sejarahnya Diposkan Oleh: khanza zahira