Makanan Khas Daerah Bali Yang Paling Populer


Selain sebagai tempat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, Bali juga dikenal akan wisata kulinernya. Berbagai menu sajian masakan memberikan warna tersendiri akan makanan khas daerah Bali. Jadi sebelum anda hendak berlibur ke pulau Bali, ada baiknya untuk mengenal atau mengetahui apa makanan khas daerah Bali. Kali ini WisataHotelBali.com akan mencoba memberikan informasi mengenai makanan khas Bali yang paling populer.

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo
Nasi Jinggo
Nasi Jinggo merupakan makanan siap saji yang dibungkus dengan daun pisang dalam porsi kecil. Lauk pauknya terdiri dari sambal tempe goreng, ayam suwir, dan serundeng. Rasanya pedas menjadi ciri khas dari Nasi Jinggo. Harganya pun sangat murah hanya sekitar Rp. 4000/porsi. Nasi Jinggo bisa kalian temukan dipinggir-pinggir jalan di Bali.

Lawar

Lawar
Lawar
Masakan satu itu paling terkenal didaerah Bali. Lawar merupakan campuran antara sayur-sayuran yang direbus, parutan kelapa yang dipanggang, dan daging cincang yang telah dibumbui. Adapun daging yang biasa digunakan adalah daging ayam, sapi, itik, dan babi. Kemudian untuk sayurnya dari pepaya muda, buah nangka muda, daun jarak dan kacang-kacangan.

Bubur Mengguh

Bubur Mengguh
Bubur Mengguh
Sajian menu Bubur Mengguh terdiri dari beras yang dimasak dengan santan, lalu diatas diberi ayam suwir yang telah dibumbui, dan disiram dengan kuah ayam yang kental. Ditambah pula urap sayur yang disajikan secara terpisah. Rasanya gurih dan agak pedas.

Ayam Betutu

Ayam Betutu
Ayam Betutu
Merupakan sajian menu makanan khas Bali yang dipanggang dalam api. Ayam Betutu sering disajikan dalam upacara keagamaan dan upacara adat di Bali serta sebagai hidangan dan dijual. Anda bisa temukan di warung-warung makan, restoran, ataupun di hotel-hotel Bali.

Serombotan

Serombotan
Serombotan
Makanan satu ini dikenal didaerah Klungkung Bali yang terdiri sayur-sayuran diantaranya toge, kubis, sayur buah botor muda atau paku yang dimasak setengah matang. Lalu diberi bumbu Kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kunyit. Dimasak hingga kental lalu disajikan bersama nasi bercampur ubi dan kacang goreng.

Tum Ayam

Tum Ayam
Tum Ayam
Merupakan makanan khas Bali yang dibuat hampir mirip dengan pepes. Terdiri dari ayam yang dicincang lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibungkus. Bumbu dari Tum Ayam terdiri campuran santan dengan berbagai rempah-rempah seperti bawang, lengkuas, jahe, kencur dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa makanan khas daerah Bali yang paling populer. Pada umumnya masakan bali dikenal dengan rasanya yang sangat pedas. Jadi apabila anda hendak berlibur dipulau Bali, jangan lupa untuk mencoba masakan tradisional khas Bali.




Booking.com


Makanan Khas Daerah Bali Yang Paling Populer Diposkan Oleh: khanza zahira