Wisata di Kebun Raya Bedugul


Kebun Raya Bedugul
Kebun Raya Bedugul atau biasa juga disebut dengan nama Kebun Raya Eka Karya ini termasuk kebun besar dan merupakan salah satu dari empat kebun yang terdapat di Indonesia. Di kebun ini para pengunjung akan bisa melihat berbagai jenis tanaman, ada sekitar kira-kira 16.000 tanaman dan terbagi-bagi berdasarkan jenis, marga, dan sukunya. Dengan adanya pembagian tersebut, akan memudahkan pengunjung untuk mengenal lebih dalam lagi mengenai tanaman yang terdapat Kebun Raya Bedugul tersebut. Diantara jenis tanaman yang terdapat di kebun tersebut yaitu pohon cemara pandak, tanaman daun sirih, kunyit, melati, kayu dadap. Terdapat pula jenis tanaman paku seperti Paku Sarang Burung, Paku Pohon, Paku Rane dan lain sebagainya.

Patung di Kebun raya Bedugul
Di Kebun Raya Bedugul juga terdapat berbagai jenis tanaman anggrek, diantaranya ada anggrek tanah, anggrek kalajengking, dan jenis anggrek yang berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan yaitu Anggrek Epindrum Radicans. Selain itu terdapat pula koleksi bunga anggrek hitam, dimana bunganya hanya bisa kita lihat antara bulan juli dan agustus. Di Kebun Raya Bedugul tidak hanya dikenal dengan jenis tanamannya yang langka-langka tetapi juga terdapat jenis tanaman tradisional. Untuk tanaman tradisional ini biasa digunakan oleh masyarakat Bali untuk acara upacara, obat-obatan, pakaian, atau untuk makanan.

Rumah Anggrek Kebun Raya Bedugul
Kebun Raya Bedugul memiliki area luas sekitar 154,5 hektar. Di Kebun Raya Bedugul pengunjung tidak hanya melihat berbagai jenis-jenis tanaman saja, tapi juga terdapat beberapa habitat burung. Seperti Burung Walet Sapi, Bondol Jawa, Sriganti, Kucica Batu, Tekukur, Burung Isap Madu dari Australia dan lain sebagainya.

Jika anda tertarik untuk berkunjung di tempat ini, disarankan untuk menggunakan mobil, bus tourish, taksi atau sepeda motor. Apabila menggunakan transportasi umum itu kurang nyaman karena jadwal yang tidak teratur. Kemudian pada saat anda mulai menjangkau daerah bedugul tepatnya didesa Pacung, Kecamatan Baturiti maka saat itu anda akan mendapati suasana udaranya yang semakin dingin disertai dengan kabut, bahkan sering kali terjadi hujan. Ini dikarenakan lokasinya yang berada diatas ketinggian antara 1.250 - 1.400 meter diatas permukaan laut. Disepanjang jalan desa Pacung menuju Kebun Raya Bedugul terdapat tempat-tempat makan dan hotel yang bisa kalian tempati nanti menginap.



Baca Juga:




Booking.com


Wisata di Kebun Raya Bedugul Diposkan Oleh: khanza zahira