Taman Ayun Temple Bali - Sejarah Peninggalan Kerajaan Mengwi


Bagi anda yang hendak berwisata di pulau Bali, tak ada salahnya untuk sejenak atau meluangkan waktu untuk berkunjung di Taman Ayun Temple. Taman Ayun sendiri merupakan objek wisata budaya yang letaknya berada di daerah desa Mengwi, Kabupaten Badung. Nah, bagi yang mau kesana kalian harus melewati jalan raya Denpasar Gilimanuk atau melewati jalur Abiansemal. Dan untuk sampai ke tujuan memakan waktu sekitar 30 menit.

Bagian Lura Taman Ayun
Taman Ayun juga dikenal sebagai taman rekreasi atau taman peristirahatan, sehingga banyak wisatawan menyempatkan diri untuk berkunjung dan melihat-lihat dari sisa peninggalan bersejarah kerajaan Mengwi. Terdapat pula sebuah pura sebagai tempat persembahyangan masyarakat hindu Bali, pura itu tersebut dikenal dengan nama Pura Taman Ayun. Tidak jauh dari Pura Taman Ayun, pengunjung bisa juga berkesempatan mendatangi Museum Manusa Yadnya. Di museum tersebut pengunjung bisa melihat atau menyaksikan ritual upacara kemanusiaan dimulai pada saat dalam kandungan sampai kematiannya.

Bagian Dalam Taman Ayun
Di tengok dari sejarah, dahulunya Taman Ayun ini didirikan oleh raja Mengwi yaitu I Gusti Agung Ngurah Made Agung di tahun 1634. Namun seiring dengan waktu perkembangan taman ini, kerajaan Mengwi ditaklukkan oleh kerajaan Badung. Pada masa tersebut, taman ini biasa dijadikan sebagai sarana kesenian dan kebudayaan. Tak ketinggalan kalau ditaman ini juga sering digunakan sebagai tempat menyabung ayam. Taman Ayun sudah menjadi bagian satu kesatuan pura yang ditata sedemikian rupa sehingga menyatu dengan lingkungan kolam dan taman sekitarnya.

Hal yang perlu pengunjung ketahui, kalau Taman Ayun terdiri dari tiga bagian yaitu bagian luar atau Nista Mandala, bagian dalam atau Madya Mandala dan bagian utama atau Utama Mandala. Di bagian luar Taman Ayun ini terdapat sungai buatan yang lebarnya sekitar lima meter mengelilingi taman. Saat pengunjung memasuki bagian dalam dari taman ini, tersedia satu jembatan yang diujungnya nanti terdapat candi bentar yang menjadi pintu atau gerbang utama dari Taman Ayun.

Bagian Utama Taman Ayun
Di bagian dalam Taman Ayun dihiasi dengan rumput-rumput berwarna hijau, kolam disertai dengan air mancurnya dan beberapa patung yang mengelilinginya. Selain itu juga terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Bale Pertunjukkan. Bangunan tersebut dilengkapi panggung kecil yang ukurannya 10x5 meter. Kemudian ada juga Bale Kulkul yang tinggi bangunannya kurang lebih 15 meter, letaknya berada pada bagian sebelah barat taman. Kulkul sendiri terdiri dari beberapa genta raksasa yang tingginya satu meter, bahannya terbuat dari kayu dengan bentuk lonjong, fungsinya sebagai penyampai informasi secara tradisional. Ada lagi yaitu Bale Daja yang memiliki ukuran lebih besar, fungsinya sebagai tempat upacara atau pertemuan penting.

Selanjutnya pada bagian utama atau Utama Mandala merupakan tempat pemujaan atau biasa dikenal dengan sebutan Padmasana Singgasana Sang Hyang Tri Murthi. Memiliki ukuran sekitar 20x20 meter, dan pada bagian ini pengunjung tidak diperkenankan untuk memasukinya.

Alamat dan Peta Lokasi Taman Ayun Bali

Jl. Ayodya, Mengwi, Bali


Baca Juga: 




Booking.com


Taman Ayun Temple Bali - Sejarah Peninggalan Kerajaan Mengwi Diposkan Oleh: khanza zahira